Total Tayangan Halaman

Senin, 26 Desember 2011

SYEIKH MUTAWALLI SYA'RAWI BICARA TENTANG GHAIB

a.       Apa itu ghaib dan mampukah manusia mengetahui hal ghaib?
Ghaib adalah semua yang tidak nampak oleh kita, dan kalau semua yang bisa nampak oleh kita atau terlihat oleh mata tapi jauh dari pandangan maka itu bukan ghaib.
Apa saja yang disaksikan oleh mata manusia adalah kehidupannya, dan manusia menyaksikannya tapi dia tidak mengetahui ilmunya melainkan sedikit  saja, jadi sebenarnya pengetahuan kita terhadap sesuatu yang dzohir Cuma sdikit, bagaimana dengan hal yang ghaib? Tidak ada makhluk yang mengetahui hal ghaib melainkan allah swt.

Dalam tanda kutip bahwa hakikat pengetahuan kita lebih sedikit dari pada yang kita tahu, karena yang ghaib lebih banyak dari pada yang nampak. Manusia tidak mungkin mengetahui sesuatu kalau tidak melihatnya, dan sekalipun sudah melihatnya belum tentu dia bisa mengetahuinya.
Maksud ini sudah allah gambarkan dalam firman-Nya;
وما اوتيتم من العلم الا قليلا
Saya ( allah ) tidak memberimu ilmu melainkan sedikit saja.

Dalam ayat tersebut diatas menggambarkan keadaan manusia yang sebenarnya, jadi selayaknya tidak usah berlagak angkuh, sombong dimuka bumi dengan apa yang kita ketahui karena pengetahuan kita sangat terbatas pada yang nampak saja.
Dalam alqur’an banyak menceritakan tentang ghaib, allah swt hanya memerintahkan kita untuk mengimani nya saja. Dan allah juga mengkhabarkan beberapa tentang gaib dalam qurannya. Jadi kita hanya bisa mengetahui apa yang telah allah cantumkan dalam alquran, seperti tentang keadaan hari kiamat, allah menerangkan keadaan hari kiamat namun tidak menjelaskan waktu terjadinya kiamat karena itu merupakan rahasia ilahi.

b.      Kenapa ilmu kita terbatas hanya pada yang nampak saja?

Inilah yang harus disadari bahwa ilmu kita sangat terbatas sekali, hanya mampu mengetahui yang maujud saja di alam ini. Syeikh muhmammad Mutawally sya’rawi menambahkan; ...disana  juga ada alam kerajaan, namun alam itu tersembunyi sekali, allah tidak memperlihatkannya melainkan kepada hambanya yang tertentu saja seperti nabinya ibrahim as. 
وكذلك نرئ ابرهيم ملكوت السموات والارض وليكون من الموقنين
 Demikianlah kami ( allah ) memperlihatkan kepada ibrahim kerajaan langit dan bumi ... ( Qs. Al-An’am Ayat;  )

Ijtihad beliau bahwa hal ghaib itu ada dua macam; ghaib nisby dan ghaib mutlak, ghaib mutlak yaitu tidak ada yang bisa melihat dan mengetahuinya melainkan allah saja. Kalau anda baca alqur’an pasti akan menemukan ayat yang berbunyi;
وعنده مفاتيح الغيب لا يعلمها الا هو...
Disisinya kunci ghaib, tidak ada yang tahu selain dia... ( Qs.Al-An’am Ayat; 59 )

Muncul pertanyaan,kalau hal ghaib tidak ada yang tahu selain allah, bagaimana hubungan ayat diatas dengan ayat lain yang berbunyi;
...bahwa sesungguhnya allah dan rasul-Nya yang mengetahui hal ghaib...

Di ayat lain juga berbunyi;
“katakanlah; Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak pula aku mengetahui yang ghaib dan tidak pula aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat, aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. ... ( Surah Al-an’am Ayat; 50 )

Ini berarti ada hal gaib yang dikabarkan nabi muhammad saw kepada kita, tapi perlu kita ketahui bahwa hal ghaib yang dikhabarkan rasulullah kepada kita semata-mata perinta allah swt kepada rasulnya. Bukan karena rasulullah mengetahui perbendaharaan  dan rahasia allah swt.

 Tujuan allah swt dalam ayat tersebut adalah sebagai pemberitahuan kepada kita bahwa rasulullah sebenarnya ( dzatnya ) tidak mengetahui yang gaib melainkan hanya allah saja yang tahu , dan allah  menyuruh rasulnya menyampaikan sebagian khabar gaib tersebut supaya menjadi dalil atas kebenaran risalahnya, jadi mestinya kita mencoba memahami kata-kata balaghah yang tersirat dalam ayat itu.

c.       Apa yang dimaksud Ghaib Nisby?

Ghaib nisby bisa diketahui oleh manusia, dalam arti biasa bahwa sebenarnya kita bisa mengetahuinya hanya saja keadaan tidak memungkinkan untuk kita bisa lihat,tapi walaupun kita tidak melihatnya , yang melihatnya ada orang selain kita. Untuk lebih memudahkan pemahaman saudara, mari kita menyimak contoh berikut;

Pencuri yang masuk kerumah saudara kemudian dia melarikan diri tanpa sepengetahuan anda, walaupun kita tidak melihatnya melarikan diri, ada orang yang melihatnya. Itu artinya ghaib nisby, karena bersifat relaitf,  bisa jadi ada yang dilihat orng lantas kita tidak melihatnya atau sebaliknya.

Ada tiga ghaib yang tidak bisa diketahui dengan pasti;
1.       Masa lalu; sejarah yang terjadi di masa lalu, ibaratnya sebuah berita-berita buat kita yang hidup sekarang, sejarah memebuat kita tidak bisa menjustice benar atau slahnya sejarah tersebut. Bahkan kita tidak memastikan siapa yang menjadi tokoh-tokoh dalam sejarah itu, benar salahnya sejarah adalah tanggung jawab sejarahwan atau perawi.

Penyelewengan sejarah sudah menjadi kebiasaan orang-orang masa lalu, sebagaimana allah swt gambarkan tabiat orang-orang yahudi la’natullah alaihim.

فويل للذين يكتبون الكتاب بايديهم ثم يقولون هذا من عند الله ليشتروا به ثمنا قليلا فويل لهم مما كتبت ايديهم

“ maka sungguh celakalah kaum ya n g menulis kitab allah dengan tangannya mereka sendiri kemudian mengatakan (mengakui ) kitab ini dari allah agar mereka memperjualbelikannya dengan harga murahan, sungguh celaka tentang apa yang mereka tulis... ( Al-Baqarah 79 )

Tabiat orang yahudi adalah pintar-pintar licik, bahkan mereka tidak mengakui keagungan kitab taurat yang diturunkan kepadanya,  sehingga melakukan tahrif atau inovasi dalam kitabnya , pembesar-pembesar mereka dengan beraninya mengatakan; talmud yang kita buat jauh lebih bagus  dari pada taurat yang diturunkan pada musa, bahkan sejarah mereka mulai awal sampai akhir tidak pernah merasa tenang  terhadap apa yang disampaikan nabinya, Diayat lain juga, anda bisa baca dalam surah Al-baqarah ayat 75.

افتطمعون ان يؤمنوا لكم وقد كان فريق منهم يسمعون كلام الله ثم يحرفونه من بعد مل عقلوه وهم يعلمون

Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamupadahal golongan mereka mendegar firman allah lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui ( Al-Baqarah Ayat; 75 )

Saya kira sudah jelas dalam ayat ini menjadi bukti kelicikan mereka akan risalah agamanya. Dan sebenarnya  hakikat agama allah mereka tahu terlebih dahulu lalu kemudian diselewengkan, sungguh licik kaum yahudi...bisanya mereka mencovernya dengan kepintaran dan kesombongan.

Perlu saudara tahu, inilah yahudi , musuh islam yang sangat berbahaya, mereka tidak akan pernah ridho melihat kejayaan islam Tapi janji allah swt haq akan menjaga al-quran  yag merupakan  sumber kejayaan dan kemenangan kita.

نحن نزلنا الذكروانا له لحافظون

“sesungguhnya kami yang akan menurunkan al-qur’an dan kami pula yang akan menjaganya.

Allah swt menggunakan sighat  نحن  , kata ulama tafsir, ketika allah swt menggunakan sighat tersebut dalam al-qur’an berarti allah swt juga menggunakan makhluknya ikut andil dalam masalah tersebut. Contohnya saja dalam ayat ini.
“sesungguhnya kami yang menurunkan al-qur’an..” dsini allah  menjadikan malaikat sebagai perantara untuk menurunkan al-qur’an kepada muhammad, lalu sambungan ayat ini berbunyi “ ...dan kami pula yang akan menjaganya “ allah akan menjaga al-quran sampai selamanya, dengan adanya para huffadz qur’an (penghafal), para mufassir dan ulama-ulama mejadi wasilah utuk menjaga keaslian alqur’an

2.       Masa depan; ini namanya hijab masa depan karena kita tidak bisa mengetahui dengan  pasti masa depan atau apa yang akan terjadi yang akan datang.

hal ini sudah menjadi dustur samawi, dan sudah jelas keterangan allah dalam al-qur’an;

وما تدري نفس ماذا تكسب غدا
“ dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui ( dengan pasti ) apa yang akan diusahakannya besok... ( Al-Lukman Ayat; 34 )

Para ulama tafsir mengatakan bahwa walaupun dalam ayat tersebut menyatakan maksudnya, manusia itu tidak dapat mengetahui dengan pasti apa yang yang akan diusahakannya besok atau yang akan diperolehnya, namun demikian mereka diwajibkan berusaha.

3.       Hijab makan ( hijab tempat );  hal ini ghaib karena kita hanya bisa melihat dengan penuh keterbatasan, artinya kita hanya bisa melihat di tempat sekitar kita saja dan tidak tahu keadaan di tempat lain. Contohnya ketika kita berada di kairo, kita mungkin mengetahui dan menyaksikan apa yang terjadi ditempat kita sekarang, tapi kita tidak melihat apa yang terjadi di indonesia sekarang, itu artinya indonesia ghaib karena dihijab tempat.

d.      Bagaimana al-qur’an berbicara ghaib ?

Sebagai pengantar, setiap allah memberikan mukjizat kepada rasulnya, selalunya disesuaikan dengan tantangan umatnya, seperti kaum musa as terkenal dengal penyihir-penyihirnya maka musa diberikan mukjizat tongkat oleh allah untuk mengalahkan sihir-sihir mereka, kemudian masa nabi isa as terkenal dengan ahli kedokterannya, maka isa danugerahi kemampuan yang dapat mengobati segala penyakit bahkan mampu menghidupkan orang mati dengan izin allah swt. Lalu muhammad saw diberikan  alqur’an  dan di turunkan kepada orang-orang arab, disamping menjadi mukjizat dan sebagai dalil kebenaran akan risalah rasulullah, juga menantang orang-orang arab yang notabennya ahli dalam syair, alqur’an yang berisi balaghah tinggi dan seninya indah datang untuk menantang mereka, kehebatan alquran adalah tidak bisa ditandingi, apalagi mau membuat serupanya.

Bentuk tantangan al-qur’an terhadap mereka;
ام يقولون افتراه قل فاتوا بسورةمثله وادعوا من استطعتم من دون الله ان كنتم صادقين

“ ataukah mereka berkata kebohongan, katakanlah (muhammad) datangkan surat yang serupa qur’an, atau panggil orang-orang kalian selain allah jika kamu orang yang benar ( yunus 38 )

KALAU ANDA MEMBACA AL-QURAN DENGAN TELITI, ANDA AKAN MENEMUKAN BANYAK RAHASIA YANG TIDAK MAMPU DIJANGKAU KEMAMPUAN PENGETAHUAN MANUSIA

Didlam al-qur’an anda kan temui ayat sejarah awal penciptaan langit dan bumi, bahwasanya langit dan bumi asalanya bersatu padu, lalu kemudian allah pisahkan, saya kira belum ada ilmuan menemukan ini,
Berita ini kita dpatkan dalam surah ayat Al-Anbiya 30;

اولم ير اللذين كفروا ان السموات والارض كانت رتقا ففتقناهما وجعلنا من الماء كل شيئ حي افلا يؤمنون

“ apakah orang-oang kafir tidak mengetahui bahwa sesungguhnya langit dan bumi dulunya suatu yang padu kemudian kami pisahkan ( keduanya ), dan kami menjadikan air sumber kehidupan , apakah mereka tidak percaya ( QS: Al-Anbiya Ayat: 30 )

Anda juga bisa melihat allah bercerita tentang anak yang akan dikandungnya isteri imran, cerita ini tercantum dalam surah Ali-Imran  Ayat 36
“ maka tatkala isteri imran melahirkan anaknya diapun berkata: “ Ya tuhanku sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu dan anak laki-laki tidaklah seper ti anak perepmpuan.sesungguhnya aku etelah menamai maryam dan aku mohon perlindungan mu untuknya setra anak-anak keturunan nya kepada pemeliharaan engkau dari pada syaetan yang terkutuk.

Bukti kebenaran al-quran adalah mampu menantang teori baru mulai diturunkannya al-quran samapai hai kiamat nanti, beebrapa periode charles darwin berhasil mengumumkan teori tentang evolusi, bahkan tersebar di sekolah-sekolah muslimin, tapi allah maha menjaga qur’an-Nya,

Paham darwiwinisme menyatakan bahw aasal pencptaan manusia berasal dari kera, lalu berevolusi menjadi manusia sempurna, darwin mempekuat dalilnya dnegan menemukan fosil-fosil, seperti fosil pithecantropus erectus, homo sapiens, dan lain-lain.

Dlam al-qur’an allaah swt menjelaskan proses penciptaan manuia, bisa dilihat dalam surah Al-Mukminun ayat 12 – 14
dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari sari   oati berasal dari tanah, kemudian kami jadikan sari pati itu air mani ( yang disimpan ) dalam tempat yang kokoh (  rahim ), kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah lalu segumpal darah itu kami jadikan daging, lalu segumpal dagig kami jadikan tulangbelulang, lalu tulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang bebrbentuk lain, maka maham sucilah allah, pencipta yang paling baik.

Allah swt juga menyingkap sikap rang-orang munafik, lalu disampaikan kepada muhammad agar berhati-hati kepada orang mnuafik,
Dalam al-quran allah menyebutkan karakter oarang munafik sebagai pembohong besar dalam surah Al-Munafiqun Ayat; 1
“ Jika orang- orang munafik datang kepadamu maka mereka akan berkata kami bersaksi sesungguhnya engkau (muhammad ) adalah utusan  allah dan allah maha mengetahui bahwa engkau rasulnyam , tapi allah bersaksi sesunggunya orang-orang munafik pembohong besar”

Gambaran orang munafik dalam ayat ini bahwasanya perkataan mereka tidak selaras dengan perbuatannya, dan mereka hanya mengakui muhammad sebagai rasul allah tapi dalam hatinya mengingkari semuanya.
 Gambaran ini sama dalam ayat lain

“ dan jika mereka bertemu dengan orang beriman, mereka mengakui ;”kami adalah orang beriman “ tapi jikalau mereka kembali kepada setan-setan mereka maka mereka akan berkata, sebenarnya kami bersamamu.... ( Al-Baqarah )

Alqur’an mampu mengetahui keadaan jiwa manusia yang sangat tersembunyi, dan memebrikan berita masa lalu dan berita yang akan terjadi dimasa akan datang.

e.      Bagaimana al-qur’an berbicara peristiwa yang akan terjadi di masa depan?

Allah swt berceritera dalam al-qur’an tentang pertemuan bangsa romawi dan bangsa persia, dalam sejarah dimasa lalu peperangan keduanya terjadi dan kemenangan berpihak pada persia ( bangsa yang beragama majusi, menyembah api dan berhala, dan bangsa romawi ( bangsa yang beragama nasrani/ahli kitab ) mengalami kekalahan waktu itu, tetapi dalam al-quran bercerita tentang kedua bangsa ini akan melakukan peprangan lagi dan kemenangan akan berpihak pada bangsa romawi,

Allah swt mengabadikan bangsa romawi dalam al-qur’an, sehingga salah satu surah dalam al-quran dinamai  surah Ar-Rum, bercerita tentang bangsa romawi.mari kita lihat cerita singkatnya dalam al-qur’an;

Alif Laam Mim, telah dikalahkan bangsa romawi, dinegeri y ang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang, dan beberapa tahun lagi, urusan ini adalah jaminan alalah sebelum dan sesudahnyamereka  menang, dan dihari kemenangan bangsa romawi itu bergembiralah orang-orang beriman ( Surah Rum Ayat: 1-4 )

Dalam tafsir dijelaskan bahwa peperagan ini adalah peperangan akidah, bangsa persia adalah pihak majusi dan musyrikin dan bangsa romawi adalah pihak orang mukmin, dan disebutkan, peperangan kedua kalinya terjadi sekitar 7 tahun lamanya setelah kekalahan romawi.

Demikianlah contoh atau bentuk al-quran menggambarkan peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang, dan cara lainnya menggunakan huruf fiil mudhari (  س) , ini menunjukkan kejadian yang sedang terjadi, atau yang akan datag ( mustaqbal ).

سيقول السفهاء من الناس ماولهم عن قبلتهم اللتي كانوا عليها ....

Orang – orag yang kuang akalnya diantara manusia  akan berkata “apakah yang memalingkan mereka ( uammat islaam ) dari kiblatnya dari baitul maqdis ) yang dahulu menjadi qiblat mereka, katakanlah kepunyaan allah lah timur dan barat ; dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendakinya ke jalan yang lurus. ( Surah Al-Baqarah Ayat: 142 ).

Dalam ayat lai juga menggunakan huruf mudhari (  س)using for future tense
سيهزم الجمع و يولون الدبر
 Sebab turunnya yat ini adlaah ketika peperangan anatara orang-orang kafir yang memeilki jumlah yang sangat besar dan muslimin sangat sedikit tentaraya pada perang itu,  maka allah swt menurunan ayat ini sebelum terjadinya perang sebagai jaminan kemenangan, maka saat berkecamuknya peperangan, ternyata kemenangna berpihak pada muslimin, seketika itu umar bin khattab menangis, syukur atas kemenagan ini.

f.        Bagaimana biasanya terjadi perbedaan fatal anatar al-qur’a dan ilmu?

Disbabkan adanya ayat yang btidak bisa dipahami hakikat maknanya, sehingga mengalami kerancuan pemaham terhadap nas, atau tidak mengetahui ilmu yang menunjang pemahaman tafsir al-qur’an seperti bahasa arab, ilmu ma’ani, balaghah, ilmu badi’, ilmu sushul fikih, ilmu hadit, nasikh mansukh, asbabunnuzul dan lain-lain.

Para orientalis memepelajari alqur’an dengan sungguh-sungguh, bahkan menguasai ilmu bahasa arab, tapi masih saja terjadi kerancuan pemahaman karena mengguanakan penafsiran tekstual saja dan tidak maknawi.

g.       Kabar hari kiamat dalam al-qur’an

Allah swt memeberi kabar tentang hari kiamat berupa tanda-tanda kiamat, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di hari kiamat dan lain-lain, tapi allah swt tidak berbicata tentang waktunya.

Ummat-ummat terdahulu selalu memepertanyakan masalah ini kepada nabi-nabinya, tapi mereka mengubah kitab-kitab mereka sendiri dengan membuat kebohongan.

Di india pernah ada seorang dukun yang dipercaya menerka-nerka hari kiamat, dengan mengatakan hari kiamat akan terjadi pada tahun 2000, tapi buktinya belum terjadi waktu itu,  dan sebagian mereka juga ada yang mengatakan akan terjadi pada tahun 2003, masih banyak kebohongan-kebohongan yang akan dilontarkan dari mulut orang yang pembangkang yang tidak mempercayai kitab yang diturunkan alah swt.

Sekrang ada berita baru yang muncul, perkiraan mereka bahwa kiamat akan terjadi tahun 2013, kalau anda orang beriman maka mari kita membaca berita yang sebenarnya dari allah, dan berita ini pasti benar adanya.


ان الله عنده علم الساعة وينزل الغيث ويعلم ما في الارحام و وما تدري نفس ماذا تكسب غد ا و وما تدري نفس
 بأي ارض تموت ...

“ sesungguhnya Cuma disisi allah pengetahuan tentang hari kiamatdan dialah yang menurunkan hujan dan mengetahui apa yang ada dallam rahim, dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui  (dengan pasti ) apa yang akan diusahakan besok dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui dibumi mana ia akan mati ... ( Qs.Surah Luqman Ayat : 34 )

Sebenarnya ayat inilah yang merupakan topik inti kita dalam pembahasan, karena didalamnya akan mengkaji beberapa permasalahan yaitu;
1.       Hari kiamat
2.       Hujan
3.       Apa yang didalam rahim
4.       Apa yang akan diusahakan manusia esok harinya
5.       Waktu datangnya kematian.

Syeikh Mutawalli Sya’rawi menamai ayat ini AL-Mughibat Al-Khams karena mengkaji 5 macam gaib yang tidak bisa diketahui manusia. Dan pembahasan diatas akan dikaji satu persatu insya allah.

Di ayat lain juga allah menyampaikan kepada muhammad bahwasanya tidak ada yang tahu waktu kiamat selain allah swt, silahkan anda membaca  surah Al-A’raf Ayat 187
“  mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat : kapankah terjadinya?  Katakanlah; Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada dis sisi tuhanku; tidaklah seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannnya selain dia, kiaamat itu amat berat  ( huru-haranya bagi makhluk ) yang dilangit dan yang dibuki. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akaan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah:sesungguhnya penegtahauan tentang hari kiamat itu aalah disisis alalah tetapi kebanayakan manusia tidak mengethaui.

Coba kita perhatikan ayat diatas, kata يسئلونك  ( mereka bertanya ) , jadi yang dipermasalahkan disini, siapa sebenarnya yang bertanya, apakah orang-orang kafir dan musyrikin? Jawabannnya tidak mungkin orang kafir atau musyrkin yang menanyakan waktu kiamat datang, karena meeka sudah tidsk percaya lagi dengan kiamat, jadi apa gunanya bagi mereka menanyakan waktu datangnya kiamat.

Penafsiran ulama tafsir tentang kata يسئلونك   bahwa yang bertanaya disitu adalah ornga-orang yahudi, karena didialam kitab mereka juga tercantum firman tuhan yang bercerita tentang kiamat tapi ditemukan waktu datangnya kiamat, maka mereka mennanyakan hal  ini kepada muhammad.

Pertanyaan yahudi pada hakikatnya ingin menguji rasulullah, mereka mengira akan mendapatkan respon, tapi rasulullah tidak mungkin menyampaiakan sesuatu yang yang belum diketahuinya atau sebeum datangnya wahyu.

Masih banyak pertanyaan-pertanyaan yahudi tentang ghaib kepad rasulullah seperti masalah ruh, maka wahyu turun dengan berbunyi;  يسئلونك عن الروح قل الروح من امر ربي

“mereka mennayakan ruh, maka jawablah ( muhammad ) sesungguhnya masalah ruh adalah urusan tuhanku”.

Kisah ashabul-kahfi juga pernah menjadi bahan hiwar bersama rasulullah.dala surah Al-Kahfi Ayat 25

ولبثوا في كهفهم ثلاث مائة سنين واذدادوا تسعا

“ sekelompok orang yang tinggal dalam goa 300 tahun lebih 9 tahun (lagi)”
Kata orang-orang yahudi: wahai muhammad kami sudah tahu kalau mereka tinggal dalam gua selama 300 tahun tapi kami tidak tahun ditambah 9 tahun lagi. Dalam kisah diatas memebuktikan keagungan al-qur’an yang mampu memberikan kabar valid tentang ummat-ummat terdahulu.

Orang-orang yahudi hanya tahu bahwa penghuni kahfi itu tidur didalam goa selama 300 tahun saja, dan tidak tahu kalau lebihnya 9 tahun, namun yang dimaksud allah disini adalah perhitungan tanggal qamariyyah bukan penanggalah syamsiah, karena itu adalah sistem penangglan yang harus diikuti ummat muhammad,

Cara perhitungannya adalah, tahun qamariyah lebih sedikit dari pada tahun syamsiah atau dalam arti perputaran tahun qamaiah lebih cepat dari pada perputaran tahun syamsiah,

Selisih bedanya 11 hari 1/3 hari, jadi 300 tahun syamsiah sama dengan 309 tahun qamariyah. Dengan ini hitungan dan perkiraan orang-orang yahudi benar jika menggunakan perhitungan tahun syamsiah.

Sekrang yang dipertanyakan orang-orang yahudi, kapan terjadinya kiamat?, lalu allah mewahyukan muhammad untuk menjawab bahwasanya hanya allah yang tahu tentang itu, dan allah memeberi kabar kiamat kepadamu kecuali waktu datangnya, karena itu rahasia allah, ibaratnya waktu daangnya kematian kita, itupun juga rahasia allah swt, sebgai ujian untuk kita.

Lalu pada potongan ayat itu menyatakan, ....kiamat itu amat berat  ( huru-haranya bagi makhluk ) seberat apa yang ada dilangit dan yang dibumi ( Al-A’raf 187 )
Kata ulama tafsir: kata  ثقلت  dalam ayat tersebut artinya berat, maksudnya berat untuk dipikul sama beratnya anda memikul langit dan bumi seisinya, ada juga ulama lain mengatakan terlalu berat untuk dipikul oleh akal dan kemampuan pikiran kita,

Dan kiamata akan datang tiba-tiba, dalama rati tanpa memeberikan kesempatan kepada manusia untuk  bersiap-siap  siaga, dan tidak ada informasi akan datangnya kiamata, maka ketika datangnya kiamat, semua makhluk akan kaget luar biasa menyaksikan kehancuran bumi dan langit beserta isinya.

Dalam hadits rasulullah disebutkan, sangkakala sudah diciptkan sbelum diciptkan isis langit dan bumi,
ketika allah swt masih megososngka langit dan bumi maka allah lasung menciptaka sangkakala lalu diberika kepada israfil lalu israfil meletakan tiupan terompet itu dimulutnya, dan tinggal menuggu perintah dari allah utuk ditiupnya.(hadits )

Disebutka juga dalam surah Az-Zumar Ayat 67-69
“ dan mereka tidak mengagungkan allah dengan pengaguga yang semsetinya padahal bumi seluruhnya dalam genggamannya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanannya , maha suci tuhan dan maha tingi dia adari apa yang mereka persekutukan”.  

“Dan  ditiuplah sangkakala maka matilah siapa yang ada dilangit dan dibumi keculai siapa yang dikehendaki allah, kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu ( putusannya masing-masing “

“dan terang-benaderang lah bumi ( padang mahsyar) dengan cahaya keadilan tuhannya dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing ) dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan diantara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan “.

Dari ayat dan hadits diatas mejadi dalil bahwasanya tiada ada yang tahu waktu kiamat, karena malaikat israfil saja tidak tahu kapan datangya kiamat, padahal dia yang ditugaskan meniup sangkakala.

h.      Tanda-tanda dekatnya hari kiamat

Jadi sudah jelas bahwa allah benar-benar menyembunyikan rahasia datangnya kimata tapi allah meberitakan kepada muhammad tanda-tanda dekatnya kiamat.

Rasuuullah meyampaikan nasehat didepan ummatnya tentang kiamat,

بعثت انا والساعة كهاتين

“Sya diutus ( kepadamu), dan ( waktu ) kiamata sepeprti ini”
Rasulullah menunjukkan jari tengah dan jari telunjuknya sebagai isyarat waktu dekatnya kiamat.  Ini menunjukkan betapa dekatnya kiamat akan tiba, ini merupakan peringatan kepada kita ntuk selalu mempeersiapkan bekal menghadap kepada allah swt, karena antara dua pilihan jalan menghadap allah swt, kita akan mati atau menemui kiamat,

Maksudnya rasulullah swt mengatakan kiamat sudah dekat karena sudah nampak tanda-tanda kecil kiamat, tapi perlu kita tahu, hitungan allah swt berbeda dengan hitungan kita, hitungan 100 tahun bagi kita masih sangat lama tapi bagi allah 100 tahun tidak lama. Jadi perkiraan kita kaiamat masih lama dan bagi allah sudah dekat, silahkan diperhatikan surah Al-Ma’arij Ayat 4

“ malaikat-malaikat dan jibril naik menghadap tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun  “
Dari ayat tersebut jelas sekali perbedaan hitungan makhluk dengan hitungan allah swt,  satu bagi allah sama kadarnya 50.000 tahun bagi makhluk-Nya.
Lalu allah swt berfirman;
انهم يرونه بعيدا ونراه قريبا يوم تكون السما ء كلمهل وتكون الجبال كالعهن

“ sesungguhnya mereka menganggap ( kiamat ) masih jauh, (padahal) menganggapnya sudah dekat, yaitu hari ketika langit bagaikan lulukan perak, dan gunung-gunung bagaikan bulu ( yang beterbangan )”( surah Al-Ma’arij Ayat 6-9 )

Akhirnya pembahasan pertama dari  المغيبات الخمس yaitu tentang kiamat disudahi sampai disini.mari kita melangkah pada pembahasan selanjutnya yaitu tentang “Hujan”

انزال المطر

Saat ingin menulis pembahasan ini, tidak sengaja sambil mendengar lagu utopia berjudul “ hujan “ isi lirik lagu ini bosa dibilang lebay , atau alay dan sejenisnya,  potogan bunyi liriknya :
aku selalu bahagia saat hujan turun  karena aku dapat mengenangmu untukku sendiri
Aku bisa senyum sepanjang hari karena hujan pernah menahanmu disini untukku.

Ikhwani fillah anggap saja lirik lagu ini menjadi pengantar kita pada pembahasan ini sekedar merefresh otak yang tegang, tapi tidak usah ambil istifadah darinya karena maksuda liriknya memanfaatkan hujan untuk menemui cintanya, makanya dari awal saya sudah katakan lirik lagunya memang sedikit lebay.

Sering kita mendengar ocehan-ocehan yang jauh dari kebenaran, seperti ada tokoh ilmuan yang mengatakan bahwa air hujan yang turun merupakan hasil senggama awan laki-laki dan awan perempuan, jadi mereka menganggap bahwa awan itu ada laki-aki dan ada perempuan, lalu melakukan senggama dan terjadilah hujan, hal  ini pemikiran batil.

Padahal sebenarnya awan itu tempat terakhir terjadinya proses daur lalu hujan. Karena yang paling megetahui proses awal turunnya hujan adalah allah,, lapisan paling bawah ai tanah adalah laut lalu yang terakhir adalah tanah yang kering,
Untuk lebih jelasnya mari kita simak proses turunnya air hujan dalam al-Qur’an Surah Nur ayat 43 sebagai berikut:

الم تر ان الله يزجي سحابا ثم يؤلف بينه ثم يجعله ركاما فتري الودق يخرج من خلاله وينزل من السما ء من جبا ل فيها من برد فيصيب به من يشاء و يصرفه عن من يشاء يكاد سنا برقه يذهب با الابصار

“ Apakah kamu tidak memperhatikan bahwa allah yang mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara ( bagian-bagian ) nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih maka kelihatanlah olehmu hujan ke luar dari celah-celahnya dan alah (juga ) menurunkan ( butiran-butiran) es dari langit, yaitu dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung , maka ditimpakanya ( butir-butiran ) es itu kepada siapa yang dikehendakinya dan dipalingkannya dari siapa yang dikehendakinya kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.

Demikianlah allah mengungkap sebagian rahasia proses terjadinya air hujan, bermula dari air laut yang terkena sinar matahari lalu menguap atau melakukan daur le langit lalu berproses lagi dan turun ke awan, disanalah allah swt mengarak awan dan inilah proses terakhir maka awan tidak bisa lagi menampungnya dan air hujan pun turun.

Disinilah buktikuasa allah swt, mampu menurunkan hujan kepada, manusia hanya disuruh untuk mensyukurinya dan menyembahnya, perintah menyembah bukan berarti allah butuh terhadap sesuatu dari makhluknya, karena mustahil bagi allah butuh kepada sesuatu dari makhluknya,

Tapi dibalik nikmat besar ini masih saja ada orang yang mengingakri kekuasaan allah, maka allah menantang mereka untuk membuat semisal air hujan tersebut yang mampu menyiram padang pasir, atau membuat sungai-sungai kecil, tidak perlu sungai besar  seperti yang allah ciptakan, niscaya manusia tidak bisa melakukannya. Tumbuh-tumbuhan , sayur-sayuran yang kita nikamti dan makan tiap hari adalah anugerah ilahi yang tumbuh disebabkan air.

 kesimpulannya bahwa hujan adalah kejadian alam yang dikehendaki oleh allah, hujan turun adakalanya menjadi rahmat karena maha pengasih allah terhadap hambanya yang beriman dan adakalanya menjadi bencana dikarenakan ulah tangan manusia.

يعلم مافي الارحام
Apa yang ada dalam rahim adalah rahasia allah swt, teringat kisah isteri maryam dalam Al-Qur’an;
 “ ketika aku mengandungnya, didalamnya adalah bayi perempuan padahal allah lebih mengetahuinya, didalamnya adalah bayi perempuan ( yaitu maryam), laki-laki tidak sama dengan perempuan dan sesungguhnya aku ( isteri imran ) menamaiinya maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu dari syaetan yang terkutuk.  Ali Imran ).

Allah maha tahu Bayi yang tersembunyi dalam rahim yang belum keluar dari rahim perempuan,  pengetahuan manusia tentang keadaan dalam rahim sangat terbatas, seringkali mendengar perkataan dukun yang memberikan berita bohong, semisal dalam perut perempuan itu akan melahirkan bayi laki-laki atau bayi perempuan, maka yakinlah bahwa itu adalah kebohongan besar, karena hal ini  termasuk ghaib yang tidak diketahui selain allah swt.

Di sebuah daerah, dikenal seorang dukun yang perkataannnya didiengar oleh masyarakat, kalau ada perempuan melahirkan maka sang dukun itu menebaknya , bahwa kelak perempuan itu akan melahirkan 2 bayi kembar, jika kenyataannya lain dari praduga sang dukun maka pasti mencari seribu alasan agar menghilangkan kekecewaan semisal berkata: kembaran bayi ini jadi buaya, dan hidup disungai. Lalu disuruhnya membuat kelambu-kelambu kecil diperuntukkan untuk si buah hati buaya .
Jadi setiap apa yang menjadi milik bayi tersebut maka mesti dilengkapi untuk si buaya .

Tapi yang membuat kita heran, sudah jelas-jelas kebohongan ini berkali-kali, masih saja didengar oleh masyarakat setempat, bahkan hal ini sudah menjadi kaidah dan dipercaya oleh orang awam.

Di abad moderen berkembang alat canggih  yang dapat mendeteksi keberadaan bayi dalam perut atau dapat mengetahui kelamin bayi, laik-laki atau permpuan.tapi masih saja mesin itu  tidak memberikan bukti yang nyata, dan kesalahan seringkali terjadi, berarti kebenaran bisa adanya karena kebetulan.

 Dalam ayat  مافي الارحام  disebutkan kata ما , kata ulama tafsir bahwa maksud kata ما  dsnini adalah menunjukkan apa saja yang belum terjadi, jadi makna dalam ayat tersebut allah mengetahuan apa ( bayi ) yang masih ada dalam rahim, yang belum dilahirkan.

Mari kita  memahami kata ما في الارحام    secara mendalam,  karena makna yang terkandung didalam kalimat sangat luas, yaitu:
-           Allah swt mengetahui keadaan bayi dalam perut ibunya
-          Allah sudah mengetahui jenis kelaminnya
-          Allah sudah mengetahui kehidupan yang akan dijalaninya dibumi, tapi tetap saja allah swt memebekali akal dan diberikan pilihan dalam meilhat baik dan buruk
-          Allah sudah mengetahui sehat atau sakitnya
-          Allah sudah mengetahui penyakit apa yang akan dialaminya selama hidup di dunia.
-          Allah sudah mengetahui umurnya.
-          Allah sudah mengetahui apa yang akan dilakukannya selama hidup di dunia
-          Allah sudah mengetahui profesinya di dunia
-          Allah sudah mengetahui isterinya yang akan mendampinginya selama di dunia
-          Allah sudah mengetahui rezeki dan ajalnya dan lain-lain.

Kesimpulannya allah sudah mengetahui keadaan anusia sebelum dan sesudah dilahirkan, karena allah mengetahui sejak azaly,

وما تدري نفس ماذا تكسب غدا

Penulis akan sedikit menguraikan diantara takdir yang allah ketahui sejak azali, yaitu rezeki manusia yang ditentukan allah sebelum dan sesudah dilahirkannya dan ini juga termasuk salah satu Al-Mughibat Al-Khams yang tidak bisa dijangkau pengetahuan manusia.

           Motto hidup :                 “REZEKI DITANGAN ALLAH”

Orang beriman akan setuju dengan pernyataaan diatas bahwa rezeki ditangan allah maka minta lah kepada allah yang maha kaya.

Jaminan allah dalam al-Qur’an tercantum dalam surah Al-imran Ayat 37

...ان الله يرزق من يشاء بغير حساب

“ ... Sesungguhnya allah yang memberikan rezeki kepada siapa saja yang dikehendaki dengan tidak terkira jumlahnya”.
Orientalis mengomentari ayat ini bahwa ayat inilah yang membuat keterbelakangan ekonomi orang islam, para orientalis tidak mengenal konsep tawakkal dalam islam,

seandainya manusia selalu tawakkal setiap apa yang diusahakannya maka manusia akan mendapatkan rezekinya seperti burung yang selalu menemuka rezekinya dimana ia mengibarkan sayapdi angkasa, bahkan cicak ada rezekinya padahal mereka tidak pernah protes terhadap apa yang diberikan kepadanya, reseki meeka lebih sedikt dari manusia, kenapa manusia yang paling banyak keluhan dan protesnya ( Agym hehe...),

bukan undang-undang al-quran yang disalahkan, atau allah yang disalahkan, tapi kemampuan manusia yang semakin lemah sehingga menyebabkan kemerosotan ekonomi dan lain-lain ( PPT 4 ).

Pada prinsipnya manusia mencari rezekinya namun ada yang mendapatkan banyak, ada yang hanya mendapatkan sedikit, demikianlah rezeki yang diberikan allah kepada manusia dan kita tidak mengetahui kadarnya.

Sebagian orang berpandagan bahwa: rezeki adalah semua yang dimiki oleh manusia, ini pemahaman yang salah,

REZEKI ADALAH APA SAJA YANG DIMANFAATKAN SEPERTI PAKAIAn YANG KITA KENAKAN, MAKANAN YANG KITA MAKAN SEHARI-HARI, RUMAH YANG KITA TEMPATI, DAN SELEBIHNYA BUKAN REZEKI KITA SEUMPAMA HARTA YANG MELEBIHI KEBUTUHAN KITA DENGAN JUMLAH MILIARAN.




i.         Kenapa allah merahasiakan kematian?

Jawabannya sedehana,  karena kalau manusia mengetahui waktu datangya kematian maka mereka hanya akan berbuat kebaikan jika kematiannya sudah mendekat, dan persiapan matinya hanya detik-detik menjelang kematiannya saja, secara otomatis, kebaikan akan lebih sedikit dari keburukan yang akan diperbuat manusia.

Waktu datangnya kematian merupakan rahasia besar allah swt, oleh karena itu hikmahnya dirahasiakan agar manusia selalu mempersiapkan diri setiap saat, karena mereka tidak tahu waktu datangnya mati sehingga bekal akhirat mereka pun menjadi banyak. Hanya orang-orang berakal yang bisa memahami agama ini.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar